Home » , , , » Cara Mengubah Pecahan Menjadi Bentuk Desimal dan Desimal Menjadi Pecahan

Cara Mengubah Pecahan Menjadi Bentuk Desimal dan Desimal Menjadi Pecahan



Image result for gambar matematika
1. Cara Mengubah Pecahan Menjadi Bentuk Desimal


Untuk mengubah pecahan biasa agar dapat dijadikan bentuk desimal adalah dengan membagi pembilang (angka di atas) dengan penyebut (angka di bawah)

Contohnya:

atau 3 ; 5 = 0,6

Contoh lain:


2. Cara Mengubah Desimal ke bentuk Pecahan

Untuk mengubah bilangan desimal menjadi pecahan biasa sebenarnya agak rumit. Tetapi jika kalian perhatikan penjelasan di bawah ini dengan baik pasti kalian akan bisa memahaminya dan dapat dengan mudah dalam mengerjakannya.

Perhatikan jumlah angka yang ada di belakang koma. Apabila ada satu angka di belakang koma, berarti untuk mengubahnya menjadi pecahan letakkan angka yang ada di belakang koma tersebut menjadi pembilang kemudian untuk penyebutnya gunakan angka 10. Contoh:

0,2 = 2/10 = 1/5

Apabila angka dibelakang koma ada dua maka gunakan dua angka tersebut sebagai pembilang kemudian untuk penyebut gunakan angka 100 (perhatikan contoh di bawah yang 0,32). Akan tetapi bila dua angka yang ada dibelakang koma diawali dengan angka nol, maka cukup gunakan angka yang paling belakang sebagai pembilang dan angka 100 sebagai penyebut (perhatikan contoh di bawah yang 0,08). Contoh:



Image result for mengubah desimal ke pecahan biasa
Ternyata mudah bukan cara mengubah pecahan menjadi desimal dan mengubah desimal menjadi pecahan, Terus banyak berlatih dan mencoba agar lebih mahir dalam hal matematika. Terima kasih. 

0 komentar:

Post a Comment