Home » , , » PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN PECAHAN

PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN PECAHAN












Dalam postingan kali ini akan dibahas mengenai perkalian dan pembagian pecahan, banyak teman-teman kita yang masih bingung mengenai operasi hitung bilangan pecahan. Untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan di bawah ini.

1. PERKALIAN BILANGAN PECAHAN

Cara untuk mengalikan bilangan pecahan sangatlah mudah, tinggal dikalikan penyebut dengan penyebut serta pembilang dengan pembilang.
Contoh 1.1:

1/3 x 3/4 = 3/12 = 1/4

Akan tetapi, apabila menemui bilangan pembilang yang akan dikalikan dapat dibagi dengan penyebut yang akan mengalikan atau sebaliknya maka dapat disederhanakan.

Contoh 1.2 :

1/4 x 2/5 = 1/2 x 1/5 = 1/10

NB: untuk 4 dan 2 yang ditandai dengan garis merah tersebut sama-sama dengan 2.

2. PEMBAGIAN BILANGAN PECAHAN

Dalam pembagian pecahan ini sedikit rumit. Maka dari itu cermati, pahami, dan teliti kembali dengan seksama. Untuk caranya yaitu dalam bilangan pecahan yang akan membagi, bilangan penyebutnya akan dijadikan pembilangnya dan sebaliknya. Setelah itu tanda bagi (:) akan diganti tanda kali (x). Mari kita cermati contoh di bawah ini:

3/4: 2/5= 3/4x 5/2 = 15/8


Setelah memahami beberapa contoh diatas tentang perkalian dan pembagian bilangan pecahan, ternyata mudah bukan? Semoga pembahasan materi tentang perkalian dan pembagian bilangan pecahan ini akan bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment