Home » , , , , , » Definisi dan Pengertian Matriks

Definisi dan Pengertian Matriks


matriks (allmipa.com)
Pada jenjang SMA, khususnya mata pelajaran matematika. Akan menemui materi baru yang menurut kebanyakan siswa adalah materi yang tersulit. Diantaranya yaitu, Integral, Logaritma, Differensial, Trigonometri, dan masih banyak lagi. Namun, ternyata ada salah satu materi baru yang
menurut khalayak siswa masih tergolong mudah dan mengasyikan. Materi itu disebut Matriks. Meski namanya terlihat Ngeriii... akan tetapi jika sudah dipelajari ternyata sangat mudah sekali. Langsung saja disimak tentang definisi dan penjelasan mengenai matriks di bawah ini:



Matriks adalah kumpulan bilangan, simbol, atau ekspresi, berbentuk persegi panjang yang disusun menurut baris dan kolom. Bilangan-bilangan yang terdapat di suatu matriks disebut dengan elemen atau anggota matriks.



Selain itu, secara umum matriks dapat diartikan sebagai sebuah susunan atau kumpulan dari beberapa bilangan yang disusun oleh baris dan kolom yang bentuknya persegi maupun persegi panjang. Matriks memiliki ciri-ciri khusus dimana biasanya bilangan yang menjadi elemen dari sebuah matriks disusun dengan diapit oleh tanda kurung siku [] namun terkadang ada juga elemen matriks yang diapit oleh tanda kurung biasa ().

Dalam matriks kita juga harus mengenal elemen pembentuk dari matriks yang disebut ordo. Ordo akan menjelaskan jumlah dari baris dan kolom yang terdapat pada matriks.


Ukuran dari sebuah matriks dapat di simbolkan dan ditunjukkan dengan rumus berikut ini:
Amxn

A = Nama Matriks
m = jumlah baris
n = jumlah kolom
mxn = ordo matriks

Contoh:
matriks (allmipa.com)





Matriks diatas adalah matriks  A dengan ordo 3 x 4
Ingat ya Jangan sampai terbalik dalam membaca ordo matriks, Serta ingat pula bahwa ordo matriks adalah banyaknya baris dikali dengan banyaknya kolom.


0 komentar:

Post a Comment