Home » , , , , , , , , , , » Perkalian Skalar Matriks dan Perkalian Matriks Dengan Ordo Sama maupun Berbeda

Perkalian Skalar Matriks dan Perkalian Matriks Dengan Ordo Sama maupun Berbeda


Cara Mencari Rumus Perkalian Matriks mempunyai Metode yang sangat berbeda dengan Operasi hitung penjumlahan atau pengurangan Matriks, Metode yg diterapkan dalam Menghitung Perkalian Matriks adalah dengan memasangkan baris pada matriks pertama dengan kolom pada matriks kedua, Tetapi kedua nilai Matriks ini bisa
dikalikan jika banyak kolom pada matriks pertama mempunyai nilai yang sama dengan banyak baris pada matriks kedua. Dan hasil perkalian matriks akan mempunyai baris yang sama banyak dengan baris matriks pertama.
Akan tetapi sebelum kalian memasuki lebih jauh tentang perklaian matriks. Untuk lebih jelasnya dan lebih memahaminya kalian harus tahu tentang sifat-sifat perkalian matriks.


Nah, setelah melihat sifat-sifat perkalian matriks diatas, mari kita lanjutkan pembahasan materi matriks tentang perkalian skalar matriks dan perkalian matriks dengan ordo sama dan ordo berbeda:

a). Perkalian Skalar Pada Matriks
Untuk Rumus Perkalian Skalar Matriks dilakukan dengan cara konstanta yang artinya nilai matriks bisa dikalikan dengan cara mengalikan setiap elemen atau komponen nilai matriks dengan skalar. Misalnya nilai Matriks A dikalikan dg skalar K maka setiap elemen atau komponen Matriks A dikali dengan K.




Contoh soal:




b), Perkalian Matriks dengan Ordo yang sama dan Ordo Berbeda
Cara untuk mengalikan matriks dengan ordo yang sama yaitu seperti yang dijelaskan ulasan diawal artikel ini, Bahwa perkalian matriks caranya dengan mengalikan tiap elemen pada baris pertama di matriks A dengan elemen di kolom pertama matriks B. Untuk lebih jelasnya simak contoh di bawah ini:
Contoh:

































































e) PC 
Operasi PC tidak bisa dihitung karena tidak memenuhi syarat ordonya, yaitu banyak kolom matriks PP (3 kolom) tidak sama dengan banyak baris matriks CC (ada 2 baris).

Demikian untuk pembahasan operasi hitung pada matriks. Kalian bisa melanjutkan membaca materi determinan dan invers suatu matriks. Kami yakin, dengan banyak berlatih operasi hitung pada matriks, maka teman-teman pasti akan bisa untuk melahap semua soal-soal yang berkaitan dengan operasi hitung matriks seperti operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian skalar matriks, dan perkalian dua matriks. Semoga materi pada artikel ini sangat bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih untuk kunjungannya ke blog allmipa.com ini.



0 komentar:

Post a Comment