Home » , , , , , , , » Dasar Belajar Trigonometri

Dasar Belajar Trigonometri


Ingat tidak kalian. Saat awal-awal belajar Biologi, kamu belajar tentang arti kata “Biologi” secara bahasa. Secara Bahasa Biologi berasal dari dua kata yaitu Bios = Hidup, sedangkan Logos = Ilmu. Akan tetapi, saat kita belajar mengenai topik matematika, pasti kalian jarang mengetahui makna kata dari topik yang akan kalian pelajari. 

Nah, tahukah kamu apa arti kata dari “Trigonometri”? Benar, kata Trigonometri juga berasal dari
negara sumber ilmu, yaitu Yunani. Trigonometri terdiri dari dua kata yaitu kata Trigon yang berarti segitiga sedangkan metron berarti ukuran. Jadi, secara bahas trigonometri berarti ukuran segitiga atau ilmu ukur tentang segitiga. 

Langsung saja kita membahas tentang materi Trigonometri ini. Awal dari pembelajaran materi ini kalian harus punya dasar tentang ilmu Segitiga.



1. Perbandingan Segitiga.

Gambar segitiga disamping adalah Segitiga ABC. Dimana Segitiga tersebut merupakan segitiga siku-siku. Nah sudut - sudut yang membentuknya adalah <C yaitu 90 derajat, untuk sudut dari titik B yaitu 60 derajat dan titik A adalah 30 derajat. Akan tetapi, kita juga harus mengerti perbandingan sudut - sudut segitiga dalam trigonometri. 


Perbandingan untuk segitiga siku-siku diatas adalah sebagai berikut ini 
2. Setelah kita mengetahui penjelasan dan perbandingan segitiga tersebut kita juga harus mengetahui dan hafal sudut-sudut istimewa yang terdapat dalam Trigonometri:

3. Hubungan antar perbandingan Trigonometri:












4. Sekarang kita lanjutkan untuk Perbandingan Trigonometri kuadran Sudut Berelasi (Lihat Tabel Di bawah     ini) :




















Setelah kita belajar tentang dasar Trigonometri paling tidak kita tahu cara dan asal - usul sejarah trigonometri tersebut. Terima kasih sobat allmipa untuk kunjungan dan apresiasi dari kalian. semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua. 

Baca Selanjutnya, Rumus Pintas Menghafal Trigonometri

0 komentar:

Post a Comment