Home » , , , , , , , » Kemampuan dan Karya - Karya Ibnu Sina

Kemampuan dan Karya - Karya Ibnu Sina


Ibnu Sina beserta karyanya (www.allmipa.com)
Di dalam bidang kedokteran dia mempersembahkan Al-Qanun fit Thibb, dimana ilmu kedokteran modern mendapat pelajaran, sebab kitab ini selain lengkap, disusunnya secara sistematis. Kitab Al-Qanun tulisan Ibnu Sina selama beberapa abad menjadi kitab rujukan utama dan paling autentik. Kitab ini membahas
kaidah-kaidah umum ilmu kedokteran, obat-obatan dan berbagai macam penyakit. Seiring dengan kebangkitan gerakan penerjemahan pada abad ke-12 masehi, kitab Al-Qanun diterjemahkan ke dalam bahasa Latin. Kini buku tersebut juga sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Prancis dan Jerman. Al-Qanunadalah kitab kumpulan metode pengobatan purba dan metode pengobatan Islam.


Ibnu Sina berhasil menyusun sistem filsafat islam yang terkoordinasi dengan rapi. Pekerjaan besar yang dilakukan Ibnu Sina adalah menjawab berbagai persoalan filsafat yang masih belum terjawab sebelumnya. Pengaruh pemikiran filsafat Ibnu Sina seperti karya pemikiran dan telaahnya di bidang kedokteran tidak hanya tertuju pada dunia Islam tetapi juga merambah Eropa. 



Albertos Magnus, ilmuan asal Jerman dari aliran Dominique yang hidup antara tahun 1200-1280 Masehi adalah orang Eropa pertama yang menulis penjelasan lengkap tentang filsafat Aristoteles. Ia dikenal sebagai perintis utama pemikiran Aristoteles Kristen. Dia lah yang mengawinkan dunia Kristen dengan pemikiran Aristoteles. Dia mengenal pandangan dan pemikiran filsafat besar Yunani itu dari buku-buku Ibnu Sina. Filsafat metafisika Ibnu Sina adalah ringkasan dari tema-tema filosofis yang kebenarannya diakui dua abad setelahnya oleh para pemikir Barat.

Karya - karya Ibnu Sina
Karya yang ditulis oleh Ibnu Sina diperkiranan antara 100 sampai 250 buah judul. Karya-karya Ibnu Sina yang terkenal dalam Filsafat adalah As-Shifa, An-Najat, danAl-Isyarat. Karyanya yang terkenal dalam bidang kedokteran adalah Al-Qanun. Kualitas karyanya yang bergitu luar biasa dan keterlibatannya dalam praktik kedokteran, mengajar, dan politik, menunjukkan tingkat kemampuan yang luar biasa. Selain itu, ia banyak menulis karangan-karangan pendek yang dinamakanMaqallah. Beberapa Karyanya diantara lain :
1.              Al-Qanun fi Thib (aturan pengobatan)
2.              Asy Syifa (terdiri dari 18 jilid berisi tentang berbagai macam ilmu pengetahuan)
3.              Al-Inshaf (buku tentang keadilan sejati)
4.              An-Najah (buku tentang kebahagiaan Jiwa)
5.              Al-Musiqa (Buku tentang musik)
6.              dan sebagainya.

Selain karya filsafatnya tersebut, Ibnu Sina meninggalkan sejumlah esai dan syair. Beberapa esainya yang terkenal adalah :
1.              Hayy ibn Yaqzhan
2.              Risalah Ath-Thair
3.              Risalah fi Sirr Al-Qadar
4.              Risalah fi Al- 'Isyq
5.              Tahshil As-Sa'adah

Beberapa karya puisinya yaitu :
1.              Al-Urjuzah fi Ath-Thibb
2.              Al-Qasidah Al-Muzdawiyyah
3.              Al-Qasidah Al- 'Ainiyyah


Dalam sejarah pemikiran filsafat abad pertengahan, sosok Ibnu Sina memperoleh penghargaan yang tinggi hingga masa modern. Ia adalah satu-satunya filsafat besar Islam yang telah berhasil membangun sistem filsafat yang lengkap dan terperinci, suatu sistem yang telah mendominasi tradisi filsafat muslim beberapa abad. Kehidupan Ibnu Sina dihabiskan untuk urusan negara dan menulis. Pada usia 58 tahun (428 H / 1037 M) Ibnu Sina meninggal dan dikuburkan di Hamazan. Ibnu Sina adalah contoh dari peradaban besar Iran di zamannya. Hal ini menjadikan Ibnu Sina tidak hanya diakui di wilayah Arab saja tapi ilmu dan pengetahuannya diakui oleh dunia. Bahkan peninggalannya masih bisa dirasakan sampai sekarang di era modern ini. 

Baca juga : Biografi Ibnu Sina

0 komentar:

Post a Comment