Home » , , , , » Biografi Sang Penemu Matriks, Artur Cayley

Biografi Sang Penemu Matriks, Artur Cayley


Arthur Cayley adalah seorang matematikawan asal Inggris yang membantu mendirikan the British school of pure mathematics. Dia paling terkenal untuk mengembangkan aljabar matriks dan non Euclidean serta n-dimensional geometri. Cayley bekerja terutama dengan aljabar dan menerbitkan beberapa makalah matematika. Bahkan sebagai seorang anak, Cayley sangat menggemari saat memecahkan masalah matematika. Dia menikmati subjek dan juga ketagihan. Ia meneruskan studinya di Trinity College, Cambridge, dan memasuki bidang matematika. Cayley adalah orang pertama untuk mengetahui geometri Euklidean itu adalah kasus khusus dari Geometri proyektif. Ia juga diterjunkan ke dalam bidang astronomi dan mekanika. Cayley termotivasi dan terinspirasi oleh Karl Jacobi dan menulis sebuah buku berjudul 'An Elementary Treatise on Elliptic Functions' didasarkan pada studi ini. Cayley ini juga fasih dalam bahasa Perancis, Jerman, Yunani dan Italia. Cayley juga membuat hipotesis teorema Cayley-Hamilton, dan warisannya meninggalkan banyak karya-karya seperti termasuk Cayley's teorema, Cayley algebra dan Cayley bahkan Ù process. Baca lebih lanjut untuk mengetahui detail lengkap tentang sang jenius Arthur Cayley.

Masa kecil dan pendidikan
Cayley lahir di Richmond, Inggris pada 16 Agustus 1821dari pasangan Henry Cayley dan Maria Antonia Doughty. Saudaranya, Charles Bagot Cayley adalah seorang ahli bahasa. Ayahnya, seorang pedagang, dia menetap dengan keluarganya di Saint Petersburg. Selama delapan tahun pertama, Cayley dibesarkan di Jerman. Pada 1829 mereka pindah kembali ke Inggris dan menetap di Blackheath, dekat kota London.
Cayley dikirim ke sekolah swasta untuk belajar selama empat tahun, dan bahkan di usia muda, ia memiliki ketertarikan untuk matematika. Pada usia empat belas tahun, ia dikirim ke sekolah King'sCollege . Cayley jenius dalam hal matematika bahkan gurunya menyuruhnya untuk menggeluti  matematika daripada mengikuti jejak ayahnya dalam dunia dagang. Pada tahun 1838, pada usia tujuh belas tahun, Cayley mulai belajar di Trinity College, Cambridge. Ia menyelesaikan studinya sarjana dengan penghargaan mahasiswa lulusan terbaik, pada tahun 1842. Ia dianugerahi 'Wrangler Senior' dalam 'Matematika Tripos' dan tempat pertama dalamkompetisi untuk 'Smith hadiah'. Setelah ini, ia melanjutkan studinya dengan mengambil gelar M.A. dan memenangkan sebuah persekutuan. Ia tinggal di Cambridge setelah memenangkan sebuah persekutuan. Selama periode ini, dia memberi kuliah tentang matematika. Kontribusinya pertama dibuat pada tahun 1841, untuk 'Cambridge matematika jurnal' didirikan oleh Gregory dan Robert Leslie Ellis. Ia mengajukantiga makalah tentang subyek-subyek yang berdasarkan membaca 'Mécanique analytique Lagrange' dan beberapa dari karya-karya 'Laplace'. Karya utama, namun, adalah memoar dua puluh delapan untuk 'Jurnal matematika'.

Pekerjaan
Pada tujuh tahun terakhir, Cayley diwisuda dan masa kuliahnya di Cambridge berakhir dan harus memilih profesi. Cayley memilih untuk hukum dan bergabung Lincoln's Inn, London. Sebagai pengacara, Selama empat belas tahun,Cayley menulis tentang karya-karyanya dalam 200-300 lembar kertas.

Pada tahun 1863, ia menerima Sadleirian Profesor matematika di Universitas Cambridge. Ia mengabdikan dirinya untuk penelitian matematika dan menyerah pada karirnya di bidang hukum. Ketika datang ke matematika, Cayley dikenal untuk individualis. Keahliannya adalah tangguh dan dikatakan bahwa ia pemahaman intuitif teori matematika. Cayley membuat kontribusi yang berharga untuk aljabar teori kurva dan permukaan, teori, teori grup, aljabar linear, kombinatorika dan fungsi elips. Dalam geometri, namun, karyanya didasarkan pada geometri analitis. Pada tahun 1859, Cayley adalah orang pertama yang menyadari bahwa Euklidean geometri adalah kasus khusus dari Geometri proyektif dan sepuluh tahun kemudian, metrik proyektif nya membantu orang memahami hubungan antara berbagai jenis geometri non Euklidean.

Cayley menjabat sebagai Presiden BMS (British Association for Advancement of Science), Cambridge Philosophical Society, London matematika Society dan Royal Astronomical Society.

Kematian
Karena penyebab alami, Cayley meninggal pada 26 Oktober 1895.

Penghargaan
Penghargaan yang diberikan kepada Arthur Cayley adalah:
Fellow dari Royal Society, 1852
Royal Society Royal Medal, 1859
Fellow dari Royal Society of Edinburgh, 1865
Royal Society Copley Medal, 1882
LMS De Morgan medali, 1884
Karya
Cayley menulis lebih dari seribu makalah dalam hidupnya. Pada tahun 1876, Cayleymenerbitkan sebuah buku berjudul 'risalah dasar pada fungsi elips'. Ini adalah satu-satunya buku ia menulis dan hal ini didasarkan pada studinya atas Karl Jacobi sudutpandang.

Warisan
Cayley mengusulkan banyak teorema dan matematika makalah. Beberapa karyanyayang terkenal adalah:
Cayley's teorema
Cayley's Ω proses
Teorema Cayley-Hamilton
Cayley aljabar
Algoritma Cayley – pengurus keuangan

PERJALANAN HIDUP ARTHUR CAYLEY 

1821:
Arthur Cayley Lahir pada 16 Agustus di Richmond, Surrey, Inggris

1838:
Bergabung dengan Trinity College, Cambridge

1841:
Ia mengajukan tiga makalah 'Cambridge matematika jurnal'; bukunya yang pertama

1859:
Dia adalah orang pertama yang menyadari bahwa Euklidean geometri adalah kALKULUS dari Geometri proyektif

1863:
Ia menerima Sadleirian Profesor matematika di Universitas Cambridge

1876:
Ia menerbitkan sebuah buku berjudul, 'risalah dasar pada fungsi elips'

1895:
Meninggal dunia pada 26January di Cambridge, Inggris.

0 komentar:

Post a Comment