Home » , , , , , , , , » Penerapan Fungsi dan Manfaat Matriks dalam Kehidupan Sehari-hari

Penerapan Fungsi dan Manfaat Matriks dalam Kehidupan Sehari-hari


penerapan matriks dalam kehidupan
Dalam ilmu matematika kita telah mengenal berbagai macam materi. Ada trigonometri, limit, integral, matriks, dan lain sebagainya. Materi-materi tersebut merupakan kumpulan materi yang tebilang sulit dan menakutkan bagi sebagian besar pelajar. Dikarenakan pendapat mereka mengenai materi tersebut belum jelas fungsi dan manfaatnya. Namun semua itu ternyata
terpatahkan bahwa fungsi dan manfaat materi matematika seperti trigonometri, limit, integral, matriks, dll sudah jelas fungsi dan manfaatnya. Kali ini allmipa.com akan membahas fungsi dan kegunaan dari materi matematika yaitu matriks. Apa itu sebenarnya Matriks? Pasti kalian sudah tahu kan? Ya, Matriks adalah kumpulan bilangan atau simbol yang berbentuk persegi maupun persegi panjang yang disusun berdasarkan baris dan kolom. Bilangan-bilangan yang terdapat dalam matriks disebut anggota matriks atau elemen. Perlu diketahui juga sekaligus diingat bahwa penemu matriks adalah Arthur Cayley.


Nah, sekarang apa sebenarnya fungsi matriks dalam kehidupan nyata atau sehari-hari? Untuk lebih jelasnya sobat allmipa perlu menyimak dan memperhatikan manfaat dari matriks di bawah ini:

Fungsi dan Manfaat Matriks dalam kehidupan sehari-hari :

1. Matriks banyak digunakan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan matematika misalnya dalam menemukan solusi masalah dalam materi persamaan linear, transformasi linear yaitu bentuk umum dari fungsi linear contohnya rotasi dalam 3 dimensi. Matriks juga seperti variabel biasa, sehingga matrikspun dapat dimanipulasi dan diaplikasikan misalnya dikalikan, dijumlah, dikurangkan, serta didekomposisikan. Menggunakan representasi matriks, perhitungan dapat dilakukan dengan lebih terstruktur.

2. Dapat Memudahkan dalam membuat analisis mengenai suatu masalah ekonomi yang mengandung bermacam – macam variabel.
3. Dapat dimanfaatkan dalam memecahkan masalah operasi penyelidikan , misalnya masalah operasi penyelidikan sumber – sumber minyak bumi dan sebagainya.
4. Matriks dikaitkan dengan penggunaan program linear, analisis input output baik dalam ekonomi, statistik, maupun dalam bidang pendidikan, manajemen, kimia, dan bidang – bidang teknologi yang lainnya.
5. Dengan menggunakan Microsoft Office Excel sebagai media pembelajaran. Khususnya untuk menghitung berbagai operasi matriks ternyata cukup mudah untuk dilakukan oleh guru serta sangat efisien untuk waktu pengerjaan sebuah matriks, jika secara manual untuk menghitung sebuah matriks yang memiliki orde banyak diperlukan waktu yang sangat lama bahkan sampai berhari-hari. Tetapi dengan menggunakan fungsi matriks untuk menghitungnya dapat dilakukan hanya dengan beberapa menit saja. Apalagi dengan menggunakan Microsoft Office Excel sebagai media pembelajaran, cukup mudah dilaksanakan dan sangat efektif digunakan sebagai alat bantu untuk membuat soal-soal latihan interaktif. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan daya imaginasi guru tersebut untuk mengembangkan media pembelajaran dengan menggunakan Microsoft Office Excel.
6.
matriks dalam militer
Dalam militer ternyata matriks juga dibutuhkan fungsinya, di dalam dunia spionase dan militer pesan-pesan yang dikirim seing kali ditulis dengan menggunakan kode-kode rahasia. Hanya penerima yang sebenarnya yang memiliki kuncinya sehingga dapat membuka kode tersebut. Kode atau tulisan rahasia tersebut disebut kriptogram Semakin sulit kriptogramnya maka semakin disukai oleh si pengguna. Pemakaian bilangan pengganti abjad sering dijumpai dalam kriptografi salah satu penggunaannya adalah dalam bentuk matriks. Mengapa matriks? Matriks memiliki operasi perkalian yang melibatkan beberapa elemennya sekaligus sehingga penyidikan kode yang berbentuk kode matriks sulit dilakukan.


Bagaimana sobat allmipa? Ternyata banyak betul kan fungsi dan manfaat matriks tersebut. Yang kita anggap tidak berguna dan tidak ada manfaatnya padahal sebenarnya memiliki fungsi yang sangat banyak. Tidak hanya dalam masyarakat melainkan militerpun memakai fungsi matriks dalam tugasnya. Penerapan konsep materi matriks dalam kehidupan sehari-hari semoga bermanfaat. 

1 komentar:

  1. Saya tertarik dengan judul dan tulisan anda, Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Komputasi Matematika yang bisa anda kunjungi di Informasi Komputasi Matematika

    ReplyDelete