Home » , , , , » Cara Menggambar Segitiga Beraturan

Cara Menggambar Segitiga Beraturan


Dalam mempelajari matematika, kita telah sering bertemu dengan bangun datar dimana ada persegi, segitiga, persegi panjang, dll. Saya yakin jika
kalian mencari luas dan kelilingnya pasti bisa. Kalau masih bingung simak dan baca artikel tentang Luas dan Keliling Bangun Datar Matematika. Namun dalam artikel kali ini allmipa.com akan membahas bagaimana sih cara mengggambar bangun datar secara beraturan. Lebih spesifiknya dan untuk khususnya cara menggambar segitiga beraturan. Menggambar segitiga bagi sebagian orang dianggap mudah karena tinggal menghubungkan antara tiga titik. Akan tetapi bahwa hal tersebut sangatlah tidak teratur. Lalu bagaimana sebenarnya cara mengggambar segitiga beraturan yang benar? 

Simak penjelasan allmipa berikut ini:

segitiga beraturan (www.allmipa.com)


1. Pertama, gambar ruas garis yang panjangnya 5 cm atau lebih, beri nama ruas garis itu AB.

2. Kedua, Ukurkan jangka pada ruas garis AB, dengan bagian jangka yang tajam di A, dan putarkan jangka, sehingga membentuk busur di atas ruas garis AB (i).

Basa Juga : Menggambar segiempat beraturan

3. Ketiga, Pindahkan bagian jangka yang tajam ke B, dan putar jangka sehingga membentuk busur yang akan berpotongan dengan busur pertama (ii). Namai perpotongan itu C. Sekarang, hubungkan titik C dengan A dan B (lihat gambar di bawah). 


Jadilah gambar segitiga ABC beraturan.

Ternyata, mudah kan cara mengggambar segitiga beraturan. Gambar segitiga tersebut membuat enak dipandang. Dikarenakan ukurannya yang pas dan terlihat rapi. Jadi, saat menggambar segitiga atau bangun datar lainnya tidak hanya menghubungkan titik-titiknya saja, semua pasti ada aturannya.




0 komentar:

Post a Comment