Home » , , , , » Penerapan Logaritma Dalam Kehidupan Sehari-hari

Penerapan Logaritma Dalam Kehidupan Sehari-hari


Dewasa ini kita tetap bergelut terus dengan dunia matemtika. Bahkan dalam kehidupan sehari-hari kita selalui menjumpai hal-hal yang berkaitan dengan
ilmu matematika. Untuk operasi hitung kita sudah setiap hari menjumpai. Namun saat sobat allmipa menginjak jenjang sekolah menengah atas (SMA), kalian akan menjumpai materi yang tidak mudah yaitu Logaritma. Setelah kalian belajar logaritma pasti dalam benak kalian akan berpikir. Apa sebenarnya fungsi kita mempelajari logaritma? Aneh bukan apabila kita mempelajari sesuatu yang tidak bermanfaat dalam kehidupan nyata. Nah, rasa penasaran kalian disini nanti akan terbayar tentang manfaat kita mempelajari logaritma atau fungsi logaritma dalam kehidupan sehari-hari.


Tapi sebelum kita melangkah lebih jauh mengenai mempelajari fungsi logaritma dalam kehidupan sehari-hari, kalian harus mengerti terlebih dahulu definisi Logaritma. Logaritma adalah operasi matematika yang merupakan kebalikan (atau invers) dari eksponen atau pemangkatan.
Rumus dasar logaritma:

Ab = c --à a log c = b

Untuk fungsi logaritma dalam kehidupan sehari-hari akan terbagi menjadi beberapa aspek sebagai berikut:

1. Dalam matematika
logaritma memang dipelajari dalam ilmu matematika, fungsinya yaitu digunakan untuk memecahkan sistem persamaan yang pangkatnya tidak diketahui. Selain itu manfaat lainnya berkaitan dalam matematika yaitu turunannya mudah dicari, karena hal itu logaritma sering digunakan sebagai solusi dari penyelesaian masalah materi integral.

2. Dalam Biologi
Dalam ilmu Biologi. Logaritma juga berfungsi lho, logaritma dalam biologi digunakan untuk mengukur laju pertumbuhan penduduk.

3. Bagi Psikolog
Logaritma oleh Psikolog juga dimanfaatkan untuk menggambarkan pertumbuhan dan perkembangan manusia dan organisasi atau dalam menentukan jenis pendidikan dan SDM Karyawan.

4. Dalam Ilmu Ekonomi
Dalam ilmu ekonomi, materi logaritma juga digunakan saat kalian mencari bunga majemuk.

Sebenarnya masih ada lagi contoh penerapan logaritma dalam kehidupan sehari-hari selain contoh yang diuraikan diatas. Namun sebaiknya kalian harus berimajinasi dan berinovasi untuk mencari penerapan logaritma dalam kehidupan sehari-hari selain dari contoh diatas. Mungkin dengan mencari dari referensi dari sumber-sumber yang lain. Semoga artikel ini cukup membantu kalian.



0 komentar:

Post a Comment