Home » , , , , , , , , , , , , , » Rumus Mean, Modus, Median Dalam Statistika Dasar

Rumus Mean, Modus, Median Dalam Statistika Dasar


Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak bisa terlepas dari data. Dimana data itu sendiri adalah kumpulan angka-angka untuk mengetahui jumlah, nilai, harga, dan lain sebagainya. Untuk masalah data ini akan diulas lengkap oleh
suatu ilmu yang disebut Statistik. Statistik itu sendiri adalah ilmu yang mempelajari tentang cara memperoleh data, menyajikan data, mengolah data dan menarik kesimpulan. Sedangkan di jenjang sekolah statistik juga dibahas dan dipelajari dalam matematika biasanya dalam materi Statistika. Untuk pengenalan stastika, akan dipelajari pada tingkat SMP sedangkan lebih lengkapnya dan jelasnya akan dibahas di tingkat SMA. Sobat allmipa, kali ini kita mulai tahap pengenalan statistika untuk data tunggal dan data berkelompok.
contoh statistik pertandingan
Sebelum kita melangkah lebih jauh. Kita harus tahu illustrasi dalam kehidupan sehari-hari tentang statistika ini. Sering kali kita mengalami kejadian dan peristiwa tentang statistika meski itu dengan disadari maupun tidak kita sadari. Contoh sederhananya saja, setelah kita melihat sepakbola pada televisi dan main sepakbola pada game pasti ada tabel yang menunjukkan jumlah tembakan, jumlah tendangan sudut, jumlah pengguasaan bola dan masih banyak lagi. Tabel rincian pertandingan sepak bola itu tadi dinamakan Statistik pertandingan sepak bola. Contoh dalam kehidupan sehari-hari lainnya yaitu seseorang yang memiliki toko perlu mengetahui jenis barang apa saja yang terjual dalam waktu-waktu tertentu. Ia kemudian mencatat semua data barang yang terjual selama satu tahun. Pencatatan data dilakukan dengan dua cara yaitu dalam bentuk daftar dan grafik. Dengan melakukan hal tersebut, sang pemilik toko akan mengetahui perencanaan barang-barang apa saja yang perlu disdiakan di gudangnya untuk dapat menghindari penyimpanan barang yang terlalu lama dan menumpuk. Semua hal yang berkaitan itu akan dibahas lengkap dalam statistika.

Dalam statistika yang akan dipelajari ada tiga jenis ukuran pemusatan data. Antara lain: rataan hitung (mean), nilai tengah (median), dan nilai yang sering muncul (modus).

1. Definisi dan Rumus Rataan Hitung (Mean)

Rataan hitng atau mean adalah rata-rata nilai yang dapat diperoleh maupun dihasilkan dari kumpulan data atau informasi.
a. Rumus Mean Untuk Data Tunggal

Keterangan:
x (ada strip diatasnya) = rataan hitung (mean)
x1, x2, ...xn = data-data
n = banyaknya data
secara singkatnya rumus mean adalah menjumlahkan semua nilai data lalu membaginya dengan banyaknya data. 
Misal diketahui kumpulan data : 3, 4, 5, 2, 6, 7, 8 berapakah nilai rata-ratanya?
Jawab : x = (3 + 4 + 5 + 2 + 6 + 7 + 8) / 7 = 35 / 7 = 5.
Jadi, mean atau rataan hitung dari diatas adalah 5.


b. Rumus Mean Untuk Data berkelompok.


Keterangan :
x (ada strip diatasnya) = rataan hitung (mean)
f = frekuensi
f1x1, f2x2, ..., fnxn= frekuensi kumpulan data
xi = data ke-i
fixi = frekuensi untuk nilai xi yang bersesuaian
Secara singkat, cara menghitung mean untuk data berkelompok hampir sama dengan cara menghitung mean untuk data tunggal. Hanya saja disini jumlah seluruh nilai data adalah jumlah frekuensi kali nilai data, dan banyaknya data diwakili oleh jumlah frekuensi keseluruhan. 

c. Rumus Mean/Rata-rata Gabungan

untuk rumus mean atau rata-rata gabungan hampir sama dengan rumus mean data tunggal maupun berkelompok.

Ternyata mudah bukan cara menghitung rata-rata suatu data atau mean? Pelajari terus dan cari referensi materi lain dan kerjakan soal-soal yang berkaitan dengan materi statistika khususnya mean. Untuk materi selanjutnya yaitu median dan modus silahkan baca artikel selanjutnya.

0 komentar:

Post a Comment