Home » , , , , , , , , , » Uniknya Matematika yang Jarang Disadari Orang No. 5 Mencengangkan

Uniknya Matematika yang Jarang Disadari Orang No. 5 Mencengangkan



Matematika adalah pelajaran yang menegangkan bagi sebagian besar orang. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa matematika ini menyimpan keunikan tersendiri. Keunikan ini sebenarnya sudah
diketahui oleh banyak orang, namun mereka kurang menyadarinya. Simak, apa saja sebenarnya keunikan terselubung yang tanpa disadari dalam matematika:

1. Misteri angka " 0 "
misteri angka 0

Angka 0 (nol) menduduki posisi pertama. Tidak ada angka yang mengalami perjuangan begitu lama sebelum diakui keberadaannya selain angka nol.Angka 0 dianggap sebagai angka unik bahkan bisa disebut keramat.  Angka 0 ditemukan oleh Al-khwarizmi yang juga merupakan penemu rumus adan teori aljabar. Apa sih sebenarnya keunikan dari angka 0 tersebut, perhatikan sobat allmipa :
·      Angka 0 merupakan satu-satunya angka yang tidak bisa dituliskan dengan huruf   romawi
·    Angka 0 satu-satunya angka yang mempunyai banyak nama seperti nil, naught, zip, zilch, dan zero
·      Faktanya angka 0 merupakan bilangan genap
·      Merupakan angka paling mudah jika turut serta dalam operasi hitung

2. Rumus Pi (3,14) akan jadi PIE (41e) jika tulisannya di balik
bilangan pie yang unik

Sobat allmipa pasti sudah tahu dan sering menemui kalau 3,14 atau 22/7 ini sering muncul dalam soal matematika terutama yang berhubungan dengan lingkaran.  Coba kalian ambil secarik kertas dan tuliskan angka 3,14 kemudian bercerminlah. Pasti kalian akan kaget, bahwa penulisan angka 3,14 tadi bisa dibaca PIE.

3. Fakta bilangan Imajiner
akar 2

Bilangan imajiner, i. Untuk menemukan nilai x dari persamaan x² + 1 = 0, tidaklah mungkin menemukan x sebagai bilangan riil, akan tetapi muncul sebagai bilangan imajiner yang dilambangkan dengan i dengan besar √-1. 

4. Angka 2 adalah satu-satunya bilangan genap yang termasuk bilangan prima 

angka 2 adalah bilangan prima

Pasti sobat allmipa semua sudah pada tahu bahwa kumpulan bilangan prima mayoritas didominasi bilangan ganjil. Namun ternyata ada salah satu bilangan genap yang ikut andil untuk menyempurnakan makna sebenarnya dari bilangan prima tersebut. Ya, benar bilangan “terdampar” tersebut adalah 2. Pengertian bilangan prima adalah bilangan asli yang lebih besar dari angka 1, yang faktor pembaginya adalah 1 dan bilangan itu sendiri, antara lain 2, 3, 5, 7, 11, 13, 17,….dst.

5. Keajaiban Angka 1, karena semua bilangan apabila dikalikan satu hasilnya adalah bilangan itu sendiri 
angka 1 adalah spesial angka

Nah, angka satu disebut juga angka spesial, hal itu dikarenakan angka satu merupakan awalan dari seluruh angka. Serta awalan dari hitungan. Lebih spesialnya lagi semua bilangan apabila dikalikan dengan angka 1 pasti jawabannya bilangan itu sendiri. Missal 1 x 32434 = 32434.

6. Uniknya Angka 9
the miracle of number 9

angka yang terakhir ini, dan paling besar diantara angka satuan lainnya yaitu 9. Adalah angka yang memiliki karakteristik unik dimana semua bilangan satuan yang apabila dikalikan dengan 9, maka hasilnya bila dijumlahkan hasilnya tetap 9. Untuk mengurangi tingkat penasaran anda silahkan kunjungi The Miracle of Number 9 (versi indo )

Itulah sebagian diantara contoh keunikan dari matematika yang pernah kita temui namun jarang kita sadari.  Jangkauan ilmu matematika memang tanpa batas apabila kita ekplor secara mendalam. Dan jika kita bergulat terus menerus pasti akan menjumpai berbagai keunikan dan keajaiban lain dari matematika. Selamat bereksplorasi sobat allmipa. J






1 komentar:

  1. jarang-jarang ad guru yg mau nerangi ilmu keren kyk begini si sayngnya,wkwkkw

    ReplyDelete