Home » , , , , , » Hakikat Matematika Sebagai Bahasa

Hakikat Matematika Sebagai Bahasa


Bahasa Matematika Dalam Proses Belajar
Bahasa Matematika Dalam Proses Belajar
Seorang ahli matematika bernama Johnson dan Rising mengemukakan bahwasanya matematika merupakan bahasa, dimana penggunaan istilah dijabarkan secara akurat dan teliti. Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang
berstruktur dan terorganisir. Semua sifat, teorema yang digunakan dijelaskan secara deduktif. Lebih lanjut Johnson dan Rising menjelaskan bahwasanya matematika juga merupakan ilmu tentang pola, berhubungan dengan senid engan adanya urutan dan harmonisasi tersendiri.

Seperti yang kita semua ketahui Bahasa merupakan sebuah alat penting yang digunakan untuk berkomunikasi, dan menyampaikan pesan. Sehingga maksud sumber informasi atau pesan bisa sampai pada si penerima informasi. Syarat-syarat dan kriteria tersebut ternyata juga dipenuhi oleh ilmu matematika.

Biasanya Bahasa Matematika Diterapkan Dalam Transaksi Jual Beli
Biasanya Bahasa Matematika Diterapkan Dalam Transaksi Jual Beli

Dalam realitanya memang benar, matematika sebagai bahasa sudah terbukti dalam kehidupan sehari-hari. Coba kita ambil sebuah contoh bahwasanya 3+4 =7. Hal ini berlaku dimanapun dan kapanpun di dunia secara umum (kecuali dalam konteks bilangan berbasis lain). Artinya, pengertian matematika sebagai bahasa adalah semua simbol dalam matematika berlaku umum. Keseluruhan artian itu ditulis dalam bentuk bahasa matematika.


Namun nantinya pada masing-masing Negara di dunia akan diterjemahkan pada bahasa yang lain. Misalkan di Indonesia akan dibaca “ tiga tambah empat sama dengan tujuh”, di Inggris akan dibaca “three plus four is seven”. Dalam bahasa jawa juga berbeda lagi pengucapannya, padahal masih dalam Negara Indonesia. Pengucapaanya dalam bahasa jawa yaitu “telu ditambah papat dadine pitu” (maaf untuk anecdote saja ) Terbukti jelas kedudukan bahasa matematika di kehidupan sehari-hari. Analogikan pada sebuah bahasa , misalkan di ambil contoh dari bahasa Prancis. ‘Ange’ itu adalah sebuah kata di Prancis, jika di Negara Indonesia maka maksudnya adalah malaikat dan jika di negara Inggris bermakna angel.
Illustrasi Matematika sebagai bahasa
Illustrasi Matematika sebagai bahasa
Bahasa digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi. Lalu kapan penerapan matematika yang dikatakan sebagai bahasa digunakan dalam berkomunikasi? Dalam jangkauan yang lebih besar, penggunaan bahasa matematika terintegrasi dalam sains lain. Misalkan dalam fisika, dalam kimia, ekonomi, kalkulus dan lainnya.  Pembuktian lainnya alasan matematika bisa dibilang sebagai bahasa, pada zaman era modern ini adalah penggunaan bahasa matematika terdapat dalam kode ASCII pada komputer yang sedang digunakan. Beberapa bahasa pemograman pada ASCII dan lainnya juga di dasarkan pada ilmu matematika, termasuk logika matematika salah satunya. 

Contoh Bahasa Pemrograman ASCII
Contoh Bahasa Pemrograman ASCII
Demikian penjelasan singkat mengenai penjelasan Matematika sebagai bahasa. Kesimpulan yang bisa dipetik dari penjelasan diatas yaitu, bahwa matematika yang kita kenal selama ini sebagi ilmu hitung dan angka saja. Ternyata berfungsi juga sebagai bahasa yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan setiap hari kita menjumpai dan mengalami bahwa matematika berfungsi sebagai bahasa juga.

Baca Juga: Hakikat Matematika Menjelma Sebagai Seni Yang Indah

0 komentar:

Post a Comment