Home » , , , , » Memahami Lebih lanjut Materi Perbandingan Dasar Untuk SMP

Memahami Lebih lanjut Materi Perbandingan Dasar Untuk SMP


kumpulan apel contoh dalam materi perbandingan

Banyak masalah dan pengambilan keputusan yang sering kita temui membutuhkan perbandingan. Manakah yang berlari lebih cepat, Simon yang berlari 9 km per jam atau abdul yang berlari 20 km per jam? Manakah yang lebih besar antara kucing dan harimau? Manakah yang lebih murah antara buah apel 100 gram di supermarket dengan harga 25.000 atau buah di pasar 1 kg dengan harga 25.000? contoh pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah beberapa contoh situasi yang menggambarkan konsep perbandingan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu kita jadi lebih memahami bahwa dalam menjalani kehidupan ini tidak lepas dari konsep perbandingan. Dalam artikel kali ini allmipa akan membedah lebih jauh mengenai materi perbandingan. 


liburan keluarga perbandingan matematika


Dalam materi perbandingan kali ini kita harus memahami konsep awalnya terlebih dahulu. Perhatikan illustrasi berikut ini; pada saat liburan panjang sekolah sudah tiba, Lina dan keluarganya berlibur ke Pantai Prigi, Trenggalek. Di sana, pasir pantai tampak bersih karena minimnya sampah. Untuk mengingat saat-saat bahagia, Lina berfoto bersama keluarganya. Lina merasa senang meskipun tidak semua keluarganya mau difoto karena sedang berteduh di pinggir pantai. Dari foto diatas, Lina memperoleh informasi bahwa terdapat 9 laki-laki dan 7 perempuan yang terdapat difoto tersebut. Kemudian Lina menceritakan tentang foto tersebut kepada teman-temannya sebagai berikut.

1. Tujuh dari enam belas orang yang ada di foto adalah perempuan.

2. Perbandingan banyak laki-laki dan perempuan di foto adalah 9 berbanding 7.

3. Banyak laki-laki dalam foto adalah dua lebih banyak daripada perempuan.

Menurut kalian, manakah yang sesuai untuk menyatakan perbandingan banyak laki-laki terhadap banyak perempuan di foto keluarga Lina? Mengapa demikian? Jawabannya yaitu pernyataan 1 dan 2 sesuai untuk menyatakan perbandingan dari banyaknya laki-laki dalam keluarga Lina di foto tersebut. Pernyataan nomor 1 membnadingkan banyaknya laki-laki dengan banyaknya seluruh keluarga dalam foto. Sedangkan nomor 2, membandingkan banyaknya laki-laki dan perempuan dalam foto. Lain halnya dengan nomor 3, membandingkan selisih antara anggota keluarga laki-laki dan perempuan dalam foto.

materi perbandingan

Setelah panjang lebar mengupas pemahaman dasar tentang konsep perbandingan, diharapkan sobat allmipa bisa mengerti akan materi perbandingan ini lebih mendalam.

0 komentar:

Post a Comment