Home » , , , , , , » Asal-Usul Kalkulator Ternyata Ditemukan Oleh Seseorang Yang Unik

Asal-Usul Kalkulator Ternyata Ditemukan Oleh Seseorang Yang Unik


kalkulator saat ini


Kalkulator adalah alat bantu hitung modern, yang memiliki bentuk sederhana dan sangat membantu kita dalam mengatasi permasalahan hitung-menghitung. Di era modern ini, bentuk kalkulator sangat sederhana. Namun perlu kita ketahui sobat allmipa, bahwa dahulu kalkulator bentuknya sangat besar dan memounyai beban yang berat. Kegunaan kalkulator dalam kehidupan sehari-hari biasanya sering dipakai oleh para pedagang, orang kantoran, siswa, dan masih banyak lagi. Berikut ulasan penjabaran mengenai sejara maupun asal-usul kalkulator. 
kalkulator pertama

Uniknya penemu kalkulator pertama adalah Pascal Blaise pada saat itu beliau berusia 18 tahun. Hebat bukan sobat allmipa? Umur belasan tahun sudah mampu menciptakan inovasi luar biasa yang sampai sekarang masih digunakan. Sistem kerja dari Mesin hitung atau kalkulator pertama ini hanya bisa menambah atau mengurangi dua nomor atau membagi dan kalikan dengan sistem pengulangan, yang menggunakan roda yang diarahkan atau disebut juga sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator). Kalkulator ini berbentuk kotak persegi panjang yang terbuat dari bahan kuningan. Jadi hanya meliputi empat jenis operasi hitung saja. Yaitu, pertambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Kalkulator pertama yang berbentuk persegi dari bahan kuningan ini dinamakan Pascaline, alat ini menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga 8 digit.
Gambar kalkulator pertama di dunia

Di atas ada enam dial yang melingkar (masing-masing bertuliskan angka 0 – 9), yang digunakan untuk menunjuk unit, puluhan, ratusan, dll. Untuk melakukan operasi tersebut, ia harus mengubah dial ke nomor yang diinginkan (seperti pada telephone kuno / lama). Sekian penjelasan singkat mengenai sejarah penemuan kalkulator. Semoga bisa menabah wawasan sobat allmipa maupun semua masyarakat. Tetapi masih ada tambahan wawasan kepada sobat allmipa yaitu mengenai biografi Pascal Blaise. 
penemu kalkulator pertama kali

Berikut kami ulas mengenai biografinya. Pascal Blaise adalah seorang ahli matematika berkebangsaaan Perancis. Beliau Lahir pada tanggal 19 juni 1623 di daerah Clemont-Ferrard. Beliau menemukan inovasi kalkulator pada usia 18 tahun. Hal ini berkaitan erat dengan hobi beliau yang menyukai matematika dan geometri proyektif. Sedangkan minat utamanya Pascal Blaise ini sebenarnya adalah ilmu filsafat dan agama. Selain menemukan kalkulator Pascal Blaise dan Pierre de Fermat menemukan teori probabilitas. Pascal Blaise meninggal pada tanggal 19 Agustus 1662 dalam usia 39 tahun.

0 komentar:

Post a Comment