Home » , , , , , , , » Soal Dan Pembahasan Uji Kompetensi 2 BAB Klasifikasi Makhluk Hidup Buku Paket IPA Kelas 7

Soal Dan Pembahasan Uji Kompetensi 2 BAB Klasifikasi Makhluk Hidup Buku Paket IPA Kelas 7



Uji Kompetensi 2 (Bagian 1)
Setelah kamu mempelajari klasifkasi makhluk hidup, sekarang uji dirimu dengan menjawab soal-soal berikut ini.
1). Mengapa ikan, sapi, katak, ayam, dan ular diletakkan pada flum yang sama, tetapi tingkatan spesies tidak sama? Coba jelaskan. 

Jawab: 
Filum adalah pembagian atau klasifikasi makhluk hidup di bawah kingdom (kerajaan). Istilah divisi adalah sinonim dari filum yang digunakan untuk tanaman. 

Pada hewan filum umumnya ditentaukan dari struktur tubuh hewan. Setiap hewan dalam satu filum umumnya memiliki kesamaan struktur tertentu, dan berkerabat satu sama lain. 

Dalam hewan terdapat filum-filum: 
1. Annelida: cacing tanah 
2. Anthripoda: hewan bertubuh ruas, yaitu serangga, laba-laba, kaki seribu dan sejenisnya 
3. Chordata: hewan bertulang belakang, termasuk ikan, amfibi, reptil, burung dan mamalia 
4. Cnidaria: ubur-ubur 
5. Echinidermata: hewan laut seperti tripang, bintang laut, dan landak laut 
6. Mollusca: hewan bertubuh lunak, seperti kerang, cumi-cumi dan siput 
7. Nematoda: cacing pita 
8. Porifera: spons dan bunga karang 

Sementara itu spesies adalah klasifikasi terendah yang menggolongkan makhluk hidup. Agar bisa dimasukkan ke dalam spesies yang sama, makluk hidup harus memiliki kemiripan sifat dan bila melakukan reproduksi harus menghasilkan keturunan yang fertil atau subur. Artinya keturunan ini juga harus bisa berkembang biak. 

Misalnya, ayam ras dan ayam kampung meskipun memiliki perbedaan ukuran tubuh dan warna bulu, memiliki kesamaan lain dalam sifatnya. Bika dikawinkan, ayam ras dan ayam kampung akan menghasilkan ayam hibrida yang subur atau fertil. Karena itu keduanya dimasukkan dalam spesies yang sama yaitu ayam, atau Gallus domesticus. 

2). Pada sungai yang belum mengalami pencemaran sering ditemukan siput air dan cacing Planaria. Termasuk kelompok apakah kedua hewan tersebut? 

Jawab: 
Siput air dan planaria sama-sama hewan tak bertulang belakang/ avertebrata. lebih rinci, berikut klasifikasi siput air dan planaria. 

Siput air 
Kingdom : Animalia 
Phylum : Mollusca 
Class : Gastropoda 
Ordo : Pulmonata 
Familia : Helicidae 
Genus : Helix 
Spesies : Helix pomatia 

Tubuh siput air terdiri atas kepala, leher, kaki, dan punuk, viceral (jerohan). Pada kepala terdapat sepasang tentakel yaitu : sepasang yang pendek sebagai alat pembau. Sepasang yang panjang sebagai alat pelihat. Dibawah kepala terdapat kelenjar mucosa yang membasahi kaki. Kakinya lebar dan pipih menyerupai alat untuk berjalan dan selalu basah. Kaki dan kepala dapat disimpandalam cangkok jika keadaan tidak mengizinkan. 

Planaria 
Kingdom : Animalia 
Phylum : Platyhelminthes 
Class : Turbellaria 
Ordo : Tricladida 
Sub Ordo : Paludicola 
Famili : Planariidae 
Genus : Euplanaria 
Species : Euplanaria, sp 

Planaria tubuhnya pipih, lonjong dan lunak dengan panjang tubuh kira-kira antara 5-25 mm. Bagian anterior (kepala) berbentuk segitiga tumpul, berpigmen gelap kearah belakang, mempunyai 2 titik mata. 

Jadi siput air termasuk kelompok Mollusca, dan planaria kelompok Platyhelminthes. 

Pembahasan lebih lanjut:
Di alam terdapat hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme yang peka dan ada pula yang tahan terhadap kondisi lingkungan tertentu. Organisme yang peka akan mati karena pencemaran dan organisme yang tahan akan tetap hidup. Siput air dan Planaria merupakan contoh hewan yang peka pencemaran. Sungai yang mengandung siput air dan planaria menunjukkan sungai tersebut belum mengalami pencemaran. Sebaliknya, cacing Tubifex (cacing merah) merupakan cacing yang tahan hidup dan bahkan berkembang baik di lingkungan yang kaya bahan organik, meskipun spesies hewan yang lain telah mati. Ini berarti keberadaab cacing tersebut dapat dijadikan indikator adanya pemcemaran zat organik. Organisme yang dapat dijadikan petunjuk pencemaran dikenal sebagai indikator biologis. 

3). Perhatikan gambar berikut. Berdasarkan ciri-ciri apakah hewan-hewan tersebut dimasukkan ke dalam kelas serangga? Coba jelaskan. 


Jawab: 
Berdasarkan ciri-ciri dari hewan-hewan pada gambar, hewan dapat dimasukkan ke dalam kelas serangga karena mempunyai ciri utama yaitu: 
-Mempunyai sayap. 
-Kaki berjumlah 6 buah. 
-Kaki dan tubuh beruas ruas 
-Memiliki mata faset dan mata oseli 
-Tubuh terbagi atas kepala, dada dan perut. 

Dari gambar tersebut dapat dilihat bahwa: 
-Siput : bukan serangga 
Siput termasuk hewan dari golongan molusca atau hewan lunak. 

-Planaria : bukan serangga 
Planaria termasuk hewan dari golongan platyhelmintes atau cacing pipih. 

-Belalang : termasuk serangga 
Belalang merupakan serangga yang mempunyai sayap , mempunyai mulut tipe pengunyah. 

-Kupu kupu: termasuk serangga 
Kupu kupu merupakan serangga yang mempunyai sayap , mempunyai mulut penghisap. 

-Capung: termasuk serangga 
Capung merupakan serangga yang mempunyai sayap berjumlah 2 pasang, mempunyai mulut tipe pengunyah. 

4). Perhatikan gambar berikut. 


Cari persamaan dan perbedaan dari hewan-hewan tersebut. Kemudian kelompokkan hewan-hewan tersebut. 

Jawab: 
Persamaan: 
-Keempat hewan tersebut hidup di air, 
-Keempat hewan tersebut termasuk golongan hewan laut yang bertubuh besar, 
-Berdarah dingin 

Perbedaan: 
-Hiu dan ikan pari berkembang biak degan berelur, sedangkan paus dan lumba lumba berkembang biak dengan beranak, 
-Hiu dan ikan pari bukan mamalia, sedangkan paus dan lumba lumba adalah mamalia, 

5). Ida menemukan tumbuhan yang memiliki ciri-ciri tulang daunnya sejajar, berbentuk seperti pohon kelapa, batangnya tidak bercabang, terdapat bangun seperti kerucut. Tumbuhan apakah yang ditemukan Ida? Berikan contoh tumbuhan lainnya yang sekelompok dengan tumbuhan yang ditemukan Ida. 

Jawab: 
Menurut ciri-ciri di atas pohon diatas merupakan pohon yang berbiji 1 (monokotil) 
Jadi dari filum Arecaceae merupakan tumbuhan sejenis dari kelapa 
Contoh Pohonnya, Pinang(Areca Catechu), Aren(Arenga Pinata), Kelapa Sawit (Elaeius Guinensis) 

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Uji Kompetensi 2 (Bagian 2)

1). Mengapa sepeda motor dan mobil mempunyai ciri dapat bergerak dan mengeluarkan zat sisa, tetapi tidak disebut sebagai makhluk hidup? Jelaskan jawaban kamu terkait dengan ciri-ciri makhluk hidup. 

Jawab: 
Sepeda motor dan mobil mempunyai ciri dapat bergerak dan mengeluarkan zat sisa, tetapi tidak disebut sebagai makhluk hidup karena untuk dapat disebut sebagai makhluk hidup itu harus memenuhi semua ciri makhluk hidup misalnya bernapas, sedangkan sepeda motor dan mobil tidak melakukan pernapasan. 


2).  a. Sebutkan persamaan bentuk dan perbedaan pola makanan antara ayam dan burung elang.
      b. Carilah hewan-hewan lain yang memiliki ciri-ciri yang sama dengan ayam dan elang 

Jawab: 
Persamaan bentuk pola makanan antara ayam dan burung elang yaitu sama sama makan dengan paruh, kemudan masuk ke kerongkongan, tembolok, lambung, usus halus, usus besar dan keluar sisa makanan lewat anus. 
a. Perbedaan pola makanan antara ayam dan burung elang yaitu pada jenis makanannya, ayam memakan biji bijian sedangkan elang memakan daging. 
b. Hewan-hewan lain yang memiliki ciri-ciri yang sama dengan ayam yaitu bebek, angsa, dan hewan-hewan lain yang memiliki ciri-ciri yang sama dengan elang yaitu burung pemakan bangkai. 

3). Jika kamu perhatikan, rumah rayap dari hari ke hari terus bertambah besar. Dari peristiwa ini, apakah rumah rayap tersebut disebut hidup? Jelaskan alasannya. 

Jawab: 
Rumah rayap tersebut disebut tidak hidup. Bertambah besarnya rumah rayap ini akibat dari aktivitas rayap yang hidup di dalamnya yang selalu menumpuk material pembangun rumah rayap sehingga rumah rayap tersebut semakin besar. 

4). Pada suatu hari, kamu menemukan benda yang mempunyai ciri dapat bergerak, tidak dapat bereproduksi, dan bertambah ukurannya. Dari benda yang kamu temukan, termasuk benda tak hidup atau makhluk hidup? Jelaskan alasannya. 

Jawab: 
Benda yang ditemukan, termasuk benda tak hidup. Alasannya yaitu tidak dapat melakukan reproduksi, padahal ciri makhluk hidup salah satunya adalah dapat melakukan reproduksi.

0 komentar:

Posting Komentar