Home » , , , , , , , » Soal Dan Pembahasan Uji Kompetensi 6 Buku Paket IPA kelas 7 Bab Energi Dalam Kehidupan

Soal Dan Pembahasan Uji Kompetensi 6 Buku Paket IPA kelas 7 Bab Energi Dalam Kehidupan



Uji Kompetensi

Jawablah soal-soal berikut dengan benar.

1). Karbohidrat, lemak, dan protein merupakan sumber energi. Apa yang terjadi jika kita kelebihan mengkonsumsi zat-zat tersebut? Bagaimana jika kekurangan? Coba jelaskan.

Jawab:
Kelebihan karbohidrat menyebabkan diabetes melitus, obesitas, dan metabolisme tubuh tidak lancar. Kelebihan lemak dapat menyebabkan obesitas, penyumbatan pembuluh darah, jantung koroner dan stroke. 
Kelebihan protein menyebabkan gangguan kerja hati, ginjal dan peningkatan kadar asam dalam tubuh. Adapun jika kekurangan karbohidrat dan protein akan menyebabkan gizi buruk atau marasmus dan kwasiorkor. Jika kekurangan lemak dapat mengganggu memori/ingatan dan konsentrasi.

2). Kelompokkan energi ke dalam kelompok sumber energi yang dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui. (Coret yang salah). 

Jawab:
Kelompok sumber energi yang dapat diperbaharui: Cahaya, Listrik, Air
Kelompok sumber energi yang tidak dapat diperbaharui: Nuklir, batu bara

3). Bagaimana cara kerja kincir angin? Jelaskan.

Jawab:
Cara kerja kincir angin adalah mengubah energi gerak dari angin menjadi energi listrik . 
Angin menggerakkan baling-baling pada kincir angin, yang kemudian menggerakkan turbin pada generator. Putaran ini mengakibatkan perubahan medan magnetik dan menimbulkan arus listrik dari induksi elektromagnetik.

4). Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan.

Jawab:
Energi fosil adalah energi yg bersumber atau terbentuk karena pelapukan fosil/hancurnya fosil yang tertimbun dalam tanah selama ratusan tahun dan membatu. Kita tidak boleh menggunakan secara berlebihan agar energi ini tidak akan habis / punah,karena energi fosil ini jumlah nya sangat terbatas dan tidak bisa diperbarui.

5). Olahraga teratur tetapi tidak berlebihan baik bagi kesehatan kita. 

a. Apakah yang terjadi ketika otot sedang dilatih? Lingkari jawaban ”Ya” atau ”Tidak” pada setiap pernyataan di bawah ini. 
b. Mengapa kamu harus bernapas lebih dalam ketika sedang berolahraga daripada ketika sedang beristirahat? Coba jelaskan.
c. Seseorang yang berolahraga sebelum mengonsumsi sejumlah makanan, akan merasa sangat keletihan. Mengapa hal itu terjadi? Jelaskan alasan jawabanmu.

Jawab:
a. Otot menerima peningkatan suplai darah = Ya, karena konsumsi darah yang dibutuhkan semakin banyak karena banyaknya pergerakan tubuh sehingga suplai darah meningkat
Lemak terbentuk di otot = Tidak, yang berkembang ototnya sedangkan lemaknya berkurang

b. Karena tubuh memerlukan suplai oksigen yang banyak untuk memompa jantung agar menghasilkan energi yang banyak ketika bergerak apalagi berolahraga

c. Karena kurangnya cadangan energi dalam tubuh, ketika berolahraga maka tubuh akan secara otomatis mengambil energi yang sangat besar apabila kita tidak memiliki cadangan energi makanan maka tubuh akan cepat letih.

6). Sebutkan 3 contoh hasil penambangan perut bumi yang digunakan sebagai sumber energi. 

Jawab:
1. Minyak bumi diolah menjadi avtur, bensol, kerosin, bensin, solar, dan minyak tanah.
2. Avtur digunakan sebagaibahan bakar pesawat terbang.
3. Bijih besi digunakan untuk bahan baku pembuatan mesin pabrik, kendaraan bermotor, jembatan, campuran pisau dan gunting, dan baja.
4. Batu bara menjadi bahan bakar kereta api, kapal laut, dan pembangkit listrik.

0 komentar:

Posting Komentar